IKLIM ORGANISASI
Iklim
Organisasi sebagai Suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari
nilai-nilai umum, norma, sikap tingkah laku dan perasaan anggota terhadap suatu
sistem sosial. -Tagiuri (1968)
DIMENSI IKLIM ORGANISASI
RASA
TANGGUNG JAWAB. Ada tanggung jawab pada tiap anggota terhadap pekerjaannya,
agar dapat bekerja secara maksimal dalam organisasinya.
STANDAR ATAU
HARAPAN TENTANG KUALITAS PEKERJAAN
GANJARAN
ATAU REWARD
RASA
PERSAUDARAAN
SEMANGAT TIM.
Dikarenakan dalam organisasi lebih mementingkan pada perilaku kelompok atau teamwork.
IKLIM KOMUNIKASI
Iklim
Komunikasi yang penuh persaudaraan mendorong para anggota dalam organisasi
berkomunikasi secara terbuka, rileks, dan ramah tamah.
DIMENSI IKLIM ORGANISASI
SUPPORTIVENESS.
Bawahan mengamati bahwa hubungan komunikasi mereka dengan atasan membantu
mereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting)
PARTISIPASI
MEMBUAT KEPUTUSAN
KEPERCAYAAN,
dapat dipercaya dan dapat menyimpan rahasia
KETERBUKAAN
DAN KETERUSTERANGAN
Tujuan Kinerja
Yang Tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan jelas
kepada anggota organisasi
IKLIM SUPPORTIVENESS
DESKRIPSI : memfokuskan pesan
mereka kepada kejadian yang dapat diamati daripada evaluasi secara subjektif
atau emosional
ORIENTASI MASALAH :
memfokuskan komunikasi pada pemecahan masalah scr bersama-sama
SPONTANITAS : berkomunikasi
dgn sopan dlm merespon situasi yg terjadi
EMPATI : perhatian dan
pengertian thd anggota lainnya
KESAMAAN : memperlakukan
anggota lain sbg teman, tidak menekankan pd kedudukan/kekuasaan
PROFESIONALISME : fleksibel,
menyesuaikan diri pada situasi komunikasi yg berbeda-beda
KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Adalah
tiingkat kepuasan semua anggota organisasi dalam mempresepsi komunikasi
keseluruhan.
FAKTOR KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI
- Kepuasan dengan pekerjaan
- Kepuasan dengan ketepatan informasi
- Kepuasan dengan kemampuan seseorang yang menyarankan penyempurnaan
- Kepuasan dengan efisiensi bermacam-macam saluran komunikasi
- Kepuasan dengan kualitas media
- Kepuasan dengan cara komunikasi teman sekerja
- Kepuasan dengan keterlibatan dalam komunikasi organisasi sebagai suatu kesatuan
BUDAYA ORGANISASI
Merupakan
suatu sistem nilai, kepercayaan dan kebiasaan dalam suatu organisasi yang
saling berinteraksi dengan struktur sistem formalnya untuk menghasilkan
norma-norma perilaku organisasi -Sarplin
(1995)
Merupakan
norma-norma dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota organisasi - Luthans (1998)
Sebagai
nilai-nilai dominan yang disebarluaskan dalam organisasi yang dijadikan
filosofi kerja karyawan yang menjadi panduan bagi kebijakan organisasi dalam
mengelola karyawan dan konsumen – Robbins (2001)
FUNGSI BUDAYA ORGANISASI
PAUL ROBBINS (2001)
·
Budaya menciptakan
perbedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain
·
Budaya membawa suatu ras
identitas bagi anggota2 organisasi
·
Budaya mempermudah
timbulnya komitmen pada sesuatu yg lebih luas daripada kepentingan diri
individual seseorang
·
Budaya merupakan perekat
sosial
·
Budaya sebagai mekanisme
pembuat makna dan kendali yg memandu dan membentuk sikap serta perilaku
karyawan
SUNARTO
1) PENGIKAT ORGANISASI : pengikat seluruh komponen organisasi
2) INTEGRATOR : menyatukan keberagaman
3) IDENTITAS ORGANISASI : misal pd logo perusahaan
4) ENERGI UTK MENCAPAI KINERJA YG TINGGI : misal bekerja dalam tim
5) CIRI KUALITAS : representasi dari ciri kualitas yg berlaku
6) MOTIVATOR : pemberi semangat bg anggota organisasi
7) PEDOMAN GAYA KEPEMIMPINAN : keberhasilan kepemimpinan krn
memiliki visi dan misi yg kuat. Pemimpin yg bs membawa keluar dr krisis
8) VALUE ENHACER : meningkatkan nilai dari stakeholders-nya
KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI
a) Kepemimpinan : proses mempengaruhi segala aktivitas ke
arah pencapaian suatu tujuan organisasi
b) Inovasi : menerapkan cara-cara baru melalui eksperimen
c) Inisiatif Individu : meliputi tanggungjawab, kebebasan
dan independensi dari masing2 anggota organisasi
d) Toleransi terhadap resiko : manusia didorong untuk lebih
agresif, inovatif dan mampu dalam menghadapi resiko dlm pekerjaan
e) Pengarahan : menentukan sasaran dan harapan thd SDM atas
hasil kerjanya
f) Integrasi : adanya kesatuan dan kerja sama antar unit dlm
organisasi
g) Dukungan Manajemen : berupa komunikasi, bantuan dan
dukungan pd bawahannya
h) Pengawasan : peraturan2 dan supervise thd perilaku
anggota organisasi
i)
Identitas :
pemahaman anggota organisasi yg memihak kpd organisasi
j)
Sistem Penghargaan :
ttg alokasi balas jasa : gaji, promosi
k) Toleransi thd Konflik : toleransi tinggi dpt mengurangi
konflik
l)
Pola Komunikasi :
komunikasi terbatas pd hirarki formal yg ada
TIPE BUDAYA ORGANISASI
AKADEMI. Dimana perusahaan menyukai lulusan muda yang diberi
pelatihan. Karena yang dibutuhkan adalah karyawan yang lebih cermat, teliti,
dan detail dalam memecahkan masalah.
KLUB. Perusahaan menyukai karyawan
yang setia dan berkomitmen tinggi, serta mengutamakan kerja sama tim.
TIM BISBOL. Perusahaan berorientasi bagi
para pengambilan resiko dan inovasi perusahaan. Perusahaan cenderung mencari orang-orang
yang berbakat dan berprestasi.
BENTENG. Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya
yg sudah baik karena dirasa budaya tersebut sudah sejalan dengan visi dan misi
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar