designpartner

welcome to our blog

you will need designpartner

Posts

Comments

Blogger

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 9:25 PM / comment : 0



    IKLIM ORGANISASI
    Iklim Organisasi sebagai Suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap tingkah laku dan perasaan anggota terhadap suatu sistem sosial. -Tagiuri (1968)


    DIMENSI IKLIM ORGANISASI
    RASA TANGGUNG JAWAB. Ada tanggung jawab pada tiap anggota terhadap pekerjaannya, agar dapat bekerja secara maksimal dalam organisasinya.
    STANDAR ATAU HARAPAN TENTANG KUALITAS PEKERJAAN
    GANJARAN ATAU REWARD
    RASA PERSAUDARAAN
    SEMANGAT TIM. Dikarenakan dalam organisasi lebih mementingkan pada perilaku kelompok atau teamwork.

    IKLIM KOMUNIKASI
    Iklim Komunikasi yang penuh persaudaraan mendorong para anggota dalam organisasi berkomunikasi secara terbuka, rileks, dan ramah tamah.

    DIMENSI IKLIM ORGANISASI
    SUPPORTIVENESS. Bawahan mengamati bahwa hubungan komunikasi mereka dengan atasan membantu mereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting)
    PARTISIPASI MEMBUAT KEPUTUSAN
    KEPERCAYAAN, dapat dipercaya dan dapat menyimpan rahasia
    KETERBUKAAN DAN KETERUSTERANGAN
    Tujuan Kinerja Yang Tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan jelas kepada anggota organisasi

    IKLIM SUPPORTIVENESS
    DESKRIPSI : memfokuskan pesan mereka kepada kejadian yang dapat diamati daripada evaluasi secara subjektif atau emosional
    ORIENTASI MASALAH : memfokuskan komunikasi pada pemecahan masalah scr bersama-sama
    SPONTANITAS : berkomunikasi dgn sopan dlm merespon situasi yg terjadi
    EMPATI : perhatian dan pengertian thd anggota lainnya
    KESAMAAN : memperlakukan anggota lain sbg teman, tidak menekankan pd kedudukan/kekuasaan
    PROFESIONALISME : fleksibel, menyesuaikan diri pada situasi komunikasi yg berbeda-beda

    KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI
    Adalah tiingkat kepuasan semua anggota organisasi dalam mempresepsi komunikasi keseluruhan.

    FAKTOR KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI
    1. Kepuasan dengan pekerjaan
    2. Kepuasan dengan ketepatan informasi
    3. Kepuasan dengan kemampuan seseorang yang menyarankan penyempurnaan
    4. Kepuasan dengan efisiensi bermacam-macam saluran komunikasi
    5. Kepuasan dengan kualitas media
    6. Kepuasan dengan cara komunikasi teman sekerja
    7. Kepuasan dengan keterlibatan dalam komunikasi organisasi sebagai suatu kesatuan

    BUDAYA ORGANISASI
    Merupakan suatu sistem nilai, kepercayaan dan kebiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur sistem formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku organisasi  -Sarplin (1995)
    Merupakan norma-norma dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota organisasi  - Luthans (1998)
    Sebagai nilai-nilai dominan yang disebarluaskan dalam organisasi yang dijadikan filosofi kerja karyawan yang menjadi panduan bagi kebijakan organisasi dalam mengelola karyawan dan konsumen – Robbins (2001)

    FUNGSI BUDAYA ORGANISASI
    PAUL ROBBINS (2001)
    ·         Budaya menciptakan perbedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain
    ·         Budaya membawa suatu ras identitas bagi anggota2 organisasi
    ·         Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yg lebih luas daripada kepentingan diri individual seseorang
    ·         Budaya merupakan perekat sosial
    ·         Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yg memandu dan membentuk sikap serta perilaku karyawan

    SUNARTO
    1)      PENGIKAT ORGANISASI : pengikat seluruh komponen organisasi
    2)      INTEGRATOR : menyatukan keberagaman
    3)      IDENTITAS ORGANISASI : misal pd logo perusahaan
    4)      ENERGI UTK MENCAPAI KINERJA YG TINGGI : misal bekerja dalam tim
    5)      CIRI KUALITAS : representasi dari ciri kualitas yg berlaku
    6)      MOTIVATOR : pemberi semangat bg anggota organisasi
    7)      PEDOMAN GAYA KEPEMIMPINAN : keberhasilan kepemimpinan krn memiliki visi dan misi yg kuat. Pemimpin yg bs membawa keluar dr krisis
    8)      VALUE ENHACER : meningkatkan nilai dari stakeholders-nya

    KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI
    a)      Kepemimpinan : proses mempengaruhi segala aktivitas ke arah pencapaian suatu tujuan organisasi
    b)      Inovasi : menerapkan cara-cara baru melalui eksperimen
    c)       Inisiatif Individu : meliputi tanggungjawab, kebebasan dan independensi dari masing2 anggota organisasi
    d)      Toleransi terhadap resiko : manusia didorong untuk lebih agresif, inovatif dan mampu dalam menghadapi resiko dlm pekerjaan
    e)      Pengarahan : menentukan sasaran dan harapan thd SDM atas hasil kerjanya
    f)       Integrasi : adanya kesatuan dan kerja sama antar unit dlm organisasi
    g)      Dukungan Manajemen : berupa komunikasi, bantuan dan dukungan pd bawahannya
    h)      Pengawasan : peraturan2 dan supervise thd perilaku anggota organisasi
    i)        Identitas : pemahaman anggota organisasi yg memihak kpd organisasi
    j)        Sistem Penghargaan : ttg alokasi balas jasa : gaji, promosi
    k)      Toleransi thd Konflik : toleransi tinggi dpt mengurangi konflik
    l)        Pola Komunikasi : komunikasi terbatas pd hirarki formal yg ada

    TIPE BUDAYA ORGANISASI
    AKADEMI. Dimana perusahaan menyukai lulusan muda yang diberi pelatihan. Karena yang dibutuhkan adalah karyawan yang lebih cermat, teliti, dan detail dalam memecahkan masalah.
    KLUB. Perusahaan menyukai karyawan yang setia dan berkomitmen tinggi, serta mengutamakan kerja sama tim.
    TIM BISBOL. Perusahaan berorientasi bagi para pengambilan resiko dan inovasi perusahaan. Perusahaan cenderung mencari orang-orang yang berbakat dan berprestasi.
    BENTENG. Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya yg sudah baik karena dirasa budaya tersebut sudah sejalan dengan visi dan misi perusahaan.


    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

Comments

The Visitors says