designpartner

welcome to our blog

you will need designpartner

Posts

Comments

Blogger

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 3:13 AM / comment : 0


    A.   Sinopsis Film
    “Game Change” merupakan sebuah film drama politik yang diproduksi pada tahun 2012 oleh Play Tone Production. Film ini dibuat berdasarkan kejadian Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat pada tahun 2008. Terinspirasi dari buku karangan wartawan politik Mark Halperin dan John Heilemann mengenai dokumenter kekalahan John McCain dan Sarah Palin atas Barrack Obama. Film ini menceritakan Sarah Palin yang terpilih menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi McCain. Strategi ini dipilih untuk memenangi pemilihan umum untuk mengimbangi Barrack Obama, sosok kharismatik dan mempunyai aura selebriti juga.


    Kisah ini dimulai ketika McCain menelpon Steve Schmidt, seorang profesional politik yang ahli dalam menyusun strategi kampanye politik. Mereka berbincang mengenai permasalahan yang akan dihadapi McCain dalam pemilu nanti. McCain meminta Steve untuk menjadi tim suksesnya karena tertarik dengan slogan usulan Steve yang berbunyi “John McCain Mengutamakan Kepentingan Negara”.
    24 Juli 2008. McCain dan staff tim suksesnya menonton pidato Barrack Obama di Berlin. Setelahnya, mereka kagum sekaligus resah, mereka segera mencari cara untuk mensiasati permasalahan pidato Obama, karena mereka tahu bahwa Obama mempunyai kharisma dalam berpidato. Seorang staffnya, Fred Davis, menyarankan untuk mengangkat isu Pendeta Wright yang mengatakan “Amerika Sialan”. Namun ditolak mentah oleh McCain. Ia beralasan ingin memberikan kampanye yang bisa dibanggakan anak-anaknya. Kemudian Steve memberikan ide untuk membuat iklan mengenai pertanyaan sederhana, yaitu “Apakah kalian ingin presiden berikutnya seorang negarawan atau seorang selebriti?” dan usulan tersebut disetujui McCain.
    Sebenarnya McCain menunjuk Joe Lieberman untuk mendampinginya dalam pemilu, namun sebagian besar staffnya tidak setuju karena mereka berdua berasal dari partai berbeda, McCain berasal dari Partai Demokrat sedang Joe berasal dari Partai Republik. Diteguhkan lagi dengan perbedaan diantara keduanya, John seorang Pro-Life  sedangkan Lieberman seorang Pro-Choice.
    Bernasib sial, berbagai media memberitakan tentang pasangan McCain-Lieberman yang dianggap akan memecah Amerika karena ketidakcocokan mereka berdua. Merasa resah, McCain meminta para staff untuk mencarikan pasangan baru. Kali ini dia menginginkan wanita karena ingin mendapatkan dukungan lebih dari kaum perempuan.
    Ada beberapa opsi yang akan dijadikan pasangan McCain. Rick Davis, Campaign Manager, mencoba mencarikan info pasangan untuk McCain lewat Youtube. Ada beberapa kandidat yang akan disandingkan denagn McCain, diantaranya Meg Wgitman, Linda Lingle, Kay Bally Hutchison, hingga Susan Collins. Akhirnya pilihannya jatuh pada Sarah Palin, Gubernur Alaska, yang menurutnya paling cocok untuk dipasangkan dengan John McCain.
    Keputusan tersebut disetujui dengan alasan Sarah Palin dirasa memiliki aura bintang untuk menandingi popularitas Barrack Obama. Alasan lain ia merupakan seorang Pro-Life. Setelah itu McCain menghubungi Sarah untuk memberikan kabar mengenai keputusan rapat pasangan McCain dan mengabarkan apa yang harus Sarah Palin lakukan. Sarah harus diverifikasi selama 5 hari sebelum dipertemukan dengan John McCain. Sebenarnya verifikasi dilakukan selama dua sampai tiga minggu, namun dipersingkat menjadi lima hari.  Steve juga menunjuk Mathew Scully sebagai penulis pidato Sarah serta Nicole Wallace yang akan menjadi konsultan komunikasinya.
    Di sebuah gedung di Dayton, McCain mengumumkan siapa yang menjadi pasangannya menjadi calon presiden Amerika Serikat. Sarah untuk pertama kalinya dikenalkan kepada publik. Steve juga mendatangkan seorang ahli vocal dan hairstylist untuk mendukung penampilan Sarah. Nicole mendatang seorang konsultan media senior yaitu Tucker Eskew, Chris Edwards, , dan Mark Wallace.
    Semanjak itu media mulai menyerang Palin dengan pertanyaan-pertanyaan tidak wajar melalui Steve sehingga banyak berita yang beredar tentang Palin. Permasalahan mulai muncul dari anaknya, Bristol, yang masih remaja dan hamil lima bulan. Dari sini pamor Palin mulai turun. Setelah permasalahan tersebut, Steve dan para staff mulai menemukan kelemahan Palin. Ditambah kemarahan Palin saat dirinya ditulis dalam media massa bahwasanya dia bangga karena akan memiliki seorang cucu dari Bristol. Palin meminta para staff untuk memecat Maria, karena dirasa kesalahannya tersebut yang berakibat fatal.
    Saat rapat partai, Palin mampu memikat para pemirsa lewat pidatonya yang berisi pesan kepada kaum difable berupa janji akan memberikan perlindungan dan tempat bagi mereka di gedung putih. Pidato ini menjadi kebangkitan citra Sarah Palin setelah berita miring tentangnya. Para pendukung McCain-pun mulai bersimpati pada Sarah Palin.
    Ternyata Palin lemah dalam kebijakan luar negeri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Steve mendatangkan dua ahli kebijakan luar negeri untuk mengajari Palin. Ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi wawancara pertama Palin tentang kebijakan luar negeri. Pada mulanya wawancara berjalan dengan baik, namun pada kesempatan ini Palin membuat kesalahan fatal, sehingga dia diserang kembali oleh media. Hal ini membuat Palin sangat tertekan sehingga dia enggan mendengarkan Nicolle.
    Situasi ini menjadi lebih buruk saat Palin melakukan wawancara untuk keduakalinya. Palin dibuat terlihat bodoh karena tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan padanya. Akhirnya wawancaranya berjalan berantakan, dan lagi-lagi Palin marah besar kepada Nicolle karena ia tidak bisa mempersiapkan wawancaranya dengan baik.
    Palin mencoba bangkit setelah mendapat spirit dari keluarganya. Ia berhasil memenangi debat dengan Biden, pasangan Obama. Akhirnya media kembali menjunjung nama Sarah Palin. Namun hal ini menjadikan Palin angkuh  dengan menolak untuk tampil disebuah iklan, membeli baju mahal, dsb. Sembari itu, Palin juga mulai jenuh dengan kehidupannya yang selalu diatur oleh para staffnya.
    Dalam polling, McCain kalah 5-8 angka dari Obama. Para penasihat McCain menyarankan untuk menyerang Obama. Sebenarnya McCain tidak suka dengan cara itu, tetapi ia harus melakukannya. Lama kelamaan ia mulai gerah dengan caranya tersebut yang tidak sesuai dengan keinginannya.
    Diakhir cerita, pasangan McCain-Palin dibuat tidak berdaya dengan kedigdayaan Obama. Mereka kalah suara di Virginia, Ohio, dan Pennsylvania. Akhirnya McCain mengumumkan secara resmi kekalahannya, dan meminta maaf kepada semua pendukungnya atas kekalahannya tersebut.

    B.   Manfaat dalam Public Opinion
    Dalam teknik pembentukan opini publik setidaknya membutuhkan penampilan yang mampu menarik perhatian publik juga. Hal ini dikarenakan proses penilaian seseorang pada awalnya dimulai dari penampilan terlebih dahulu. Apabila penampilan sudah menarik maka pendengar ataupun pemirsa akan apresiatif terhadap kita. Misalkan seseorang yang melakukan pidato dengan menggunakan pakaian yang nyaman untuk dilihat, maka publik akan lebih tertarik terlebih dahulu dengan penampilan kita. Karena penampilan dapat menarik perhatian khalayak. Berpenampilan sedikit menyimpang terkadang juga akan lebih menarik perhatian khalayak. Misalkan saat demo, semakin orang itu terlihat kumuh dengan pakaian gembel, celana sobek, dan semakin dia sering mengutarakan pendapat dan berbicara secara gamblang akan lebih mempercayakan khalayak yang ada di jalan. Trik lain misalkan dengan menggunakan pakaian yang sedikit memamerkan belahan dada. Memang terkadang terlihat gila, namun hal ini bisa menjadi perhatian bagi khalayak yang akan menyimak apa yang akan disampaikan.
    Materi yang akan disampaikan dari seorang public speaking juga harus dipersiapkan dengan matang-matang. Kita harus menguasai materi dengan baik, agar kita mampu mempercayakan opini kita kepada publik. Teknik dalam berorasipun juga mempengaruhi dan perlu diatur dengan baik. Misalkan dalam pengucapan tiap frase kata harus jelas agar pendengar atau publik benar-benar percaya terhadap opini yang kita publikasikan. Setidaknya apabila banyak hal yang akan disampaikan, terdapat poin-poin yang menjadi titik yang harus ditegaskan penyampaiannya kepada khalayak. Pembentukan opini harus disertai juga dengan beberapa pendukung opini, sehingga opini bisa ditangkap secara nalar oleh para khalayak.
    Tata cara penyampaian juga hal yang harus diperhatikan. Jika kita lihat dari film, saat Sarah Palin menghadapi wawancara keduanya yang berantakan, jelas bahwasanya penyampaian message dalam wawancara tidak begitu meyakinkan, terlebih pada wawancara mengenai politik luar negeri dimana Palin tidak terlalu menguasai pokok bahasan tersebut. Khalayak akan lebih percaya terhadap apa yang kita bicarakan apabila kita menyampaikannya dengan tegas dan lugas, sehingga khalayak dapat tertarik dan terpaku dengan poin-poin yang disampaikan. Pada hal ini kita bandingkan dengan pidato Barrack Obama di Berlin, dia mampu memukau khalayak, bahkan khalayak yang menyaksikan pidatonya lewat layar kaca sekalipun. Mimik wajah, penyampaian pesan, dan penampilan sangat mendukung. Sehingga khalayak dibuat terpukau dengan apa yang dia sampaikan.
    Latar belakang orang juga mempengaruhi message yang disampaikan. Misalkan saya seorang mahasiswa biasa berorasi menggagas tentang permasalahan perpolitikan di kampus secara rigit dan mendalam, namun di tempat lain ada dosen yang juga mengutarakan mengenai politik kampus. Khalayak akan lebih tertarik untuk datang dan melihat orasi dosen daripada mendengarkan orasi yang saya lontarkan. Hal ini juga dikarenakan pencitraan khalayak terhadap public figure juga menentukan.

    Kunci terpenting, bahwa menjadi public speaking harus mempunyai mental dan  stamina yang kuat. Mental sangat menentukan terhadap pesan yang akan disampaian. Hal ini lebih ke teknis penyampaian, jangan sampai kita terlihat nearfeous di depan panggung. Memang perasaan gugup pasti ada, namun kita harus pandai-pandai mengontrol hal tersebut. Bagaimanapun juga untuk meyakinkan khalayak kita juga harus meyakinkan pesan-pesan tersebut terlebih dahulu kepada diri kita sendiri.

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

Comments

The Visitors says