Komunikasi adalah proses
tukar menukar pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada
komunikan untuk mengubah perilaku. Dapat disimpulkan, komunikasi itu
merupakan proses persuasi. Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan
komunikator dapat tersampaikan dengan baik oleh komunikan.
KOMPONEN KOMUNIKASI
PENGIRIM PESAN (sender)
. Adalah individu atau orang yg mengirim pesan.
PESAN (message). Adalah
informasi yg akan dikirimkan kepada si penerima
SALURAN (channel).
Jalan yang dilalui pesan dari pengirim dengan si penerima
PENERIMA PESAN (receiver).
Adalah yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya
BALIKAN (feedback). Adalah
respon terhadap pesan yang diterima yang dikirimkan kepada si pengirim pesan
Organisasi adalah
perkumpulan maupun sekelompok orang yang terstruktur dan mempunyai tujuan yang
sama antara satu dengan yang lain. Menurut Schein, organisasi adalah koordinasi
rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui
pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggungjawab.
Sedang menurut Kochler, Sistem hubungan yang terstruktur yang
mengkoordinasi usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Wright,
Suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang
atau lebih untuk mencapai suatu tujuan bersama.
ELEMEN ORGANISASI
PARTISIPAN.
Individu yang berkontribusi dalam organisasi.
TUJUAN. Titik
sentral yang selalu kontroversia dalam organisasi.
TEKNOLOGI.
Penggunaan alat teknologi.
LINGKUNGAN.
Keadaan fisik maupun budaya. Organisasi yang harus beradaptasi dengan keadaan
tersebut.
KARAKTERISTIK ORGANISASI
DINAMIS
Perubahan
era pasti terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Sebuah organisasi harus
mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Ex: perubahan
ekonomi memaksa pemasaran merubah strategi pemasarannya.
MEMERLUKAN INFORMASI
Organisasi
membutuhkan informasi untuk terus berlangsung. Agar organisasi tidak kandas.
Solusinya dengan komunikasi. Ex: P.T. Gudang Garam Tbk. membutuhkan info valas
untuk mengekspor produknya.
BERTUJUAN
Tujuan
organisasi hendaknya ditanamkan kepada seluruh anggota organisasi, agar tujuan
itu dapat tercapai.
TERSTRUKTUR
Suatu
organisasi memerlukan struktur yang menjadi sebuah prosedur dalam proses
bekerja dan mensentralkan dengan proses bekerja. Ex: sebuah perusahaan dagang
terdapat beberapa manajer yang mem-POACE (Planning, Organizing,
Actuating, Controlling, Evaluating) bidangnya masing-masing. Personalia
mengkaji tentang individu dalam organisasi, akuntan yang menghitung lalu lintas
keuangan perusahaan, maupun pemasaran yang membuat strategi pemasaran.
FUNGSI ORGANISASI
·
Memenuhi Kebutuhan Pokok
Organisasi . Yaitu untuk kelangsungan organisasi.
·
Mengembangkan Tugas dan
Tanggungjawab. Organisasi hrs hidup sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
oleh organisasi
·
Memproduksi Barang atau Jasa.
Semua organisasi mempunyai produk masing-masing. Efektivitas proses produksi banyak
tergantung pada ketepatan informasi
·
Mempengaruhi dan
Dipengaruhi. Organisasi dapat mempengaruhi dan dapat juga dipengaruhi oleh
orang.
PENGERTIAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Redding
dan Sanborn - “komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan
informasi dalam organisasi yang kompleks”
Persepsi
Katz dan Kahn - “ komunikasi organisasi merupakan arus informasi,
pertukaran informasi dan pemindahan arti dalam suatu organisasi”
Persepsi
Zelko dan Dance - “komunikasi organisasi dalah suatu sistem yang saling
tergantung yang mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal”
Persepsi
Thayer - “komunikasi organisasi sebagai arus data yang akan melayani
komunikasi organisasi dan proses interkomunikasi”
Persepsi
Greenbaunm - “komunikasi organisasi termasuk arus komunikasi formal dan
informal dalam organisasi”
7 KUNCI KOMUNIKASI ORGANISASI
PROSES. Suatu organisasi
adalah suatu sistem terbuka yang dinamis yang menciptakan dan saling menukar
pesan diantara anggotanya
PESAN. Simbol yang penuh arti
tentang orang, objek, kejadian yang dihasilkan oleh interaksi dengan orang lain.
Klasifikasi pesan
Bahasa :
verbal dan non verbal
Penerima :
internal dan eksternal
Pesan
disebarluaskan : perangkat keras dan lunak
Tujuan
pengiriman dan penerimaan : tugas2 dlm organisasi, pemeliharaan organisasi dan
kemanusiaan
JARINGAN :
Suatu
jaringan komunikasi mungkin mencakup hanya dua orang, beberapa orang atau
keseluruhan organisasi.
Hakikat dan
luas jaringan dipengaruhi hubungan peranan, arah dan arus pesan, hakikat seri
dari arus pesan, dan isi dari pesan
KEADAAN SALING TERGANTUNG
Antara satu
bagian dengan bagian yang lain dalam organisasi saling berpengaruh
HUBUNGAN
Hubungan
manusia dalam organisasi yg memfokuskan kepda tingkah laku komunikasi dari
orang yang terlibat dalam suatu hubungan.
Hubungan
mulai dari yg sederhana (dyadic communication) sampai hubungan yg kompleks.
LINGKUNGAN
Lingkungan
adalah semua totalitas secara fisik dan faktor sosial yg diperhitungkan dalam
pembuatan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem.
Lingkungan
dibedakan Internal dan Eksternal.
KETIDAKPASTIAN
Ketidakpastian
adalah perbedaan informasi yang tersedia dengan informasi yang diharapkan.
Untuk mengurangi
ketidakpastian dengan menciptakan dan menukar pesan diantara anggota
Tidak ada komentar:
Posting Komentar