designpartner

welcome to our blog

you will need designpartner

Posts

Comments

Blogger

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 8:34 PM / comment : 0




    Komunikasi adalah proses tukar menukar pesan baik verbal maupun non verbal dari komunikator kepada komunikan untuk mengubah perilaku. Dapat disimpulkan, komunikasi itu merupakan proses persuasi. Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan komunikator dapat tersampaikan dengan baik oleh komunikan.


    KOMPONEN KOMUNIKASI
    PENGIRIM PESAN (sender) . Adalah individu atau orang yg mengirim pesan.
    PESAN (message). Adalah informasi yg akan dikirimkan kepada si penerima
    SALURAN (channel). Jalan yang dilalui pesan dari pengirim dengan si penerima
    PENERIMA PESAN (receiver). Adalah yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya
    BALIKAN (feedback). Adalah respon terhadap pesan yang diterima yang dikirimkan kepada si pengirim pesan

    Organisasi adalah perkumpulan maupun sekelompok orang yang terstruktur dan mempunyai tujuan yang sama antara satu dengan yang lain. Menurut Schein, organisasi adalah koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggungjawab. Sedang menurut Kochler, Sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasi usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Wright, Suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan bersama.

    ELEMEN ORGANISASI

    STRUKTUR SOSIAL. Pola aturan hubungan partisipan dalam organisasi.
    PARTISIPAN. Individu yang berkontribusi dalam organisasi.
    TUJUAN. Titik sentral yang selalu kontroversia dalam organisasi.
    TEKNOLOGI. Penggunaan alat teknologi.
    LINGKUNGAN. Keadaan fisik maupun budaya. Organisasi yang harus beradaptasi dengan keadaan tersebut.

    KARAKTERISTIK ORGANISASI
    DINAMIS
    Perubahan era pasti terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Sebuah organisasi harus mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Ex: perubahan ekonomi memaksa pemasaran merubah strategi pemasarannya.
    MEMERLUKAN INFORMASI
    Organisasi membutuhkan informasi untuk terus berlangsung. Agar organisasi tidak kandas. Solusinya dengan komunikasi. Ex: P.T. Gudang Garam Tbk. membutuhkan info valas untuk mengekspor produknya.
    BERTUJUAN
    Tujuan organisasi hendaknya ditanamkan kepada seluruh anggota organisasi, agar tujuan itu dapat tercapai.
    TERSTRUKTUR
    Suatu organisasi memerlukan struktur yang menjadi sebuah prosedur dalam proses bekerja dan mensentralkan dengan proses bekerja. Ex: sebuah perusahaan dagang terdapat beberapa manajer yang mem-POACE (Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Evaluating) bidangnya masing-masing. Personalia mengkaji tentang individu dalam organisasi, akuntan yang menghitung lalu lintas keuangan perusahaan, maupun pemasaran yang membuat strategi pemasaran.

    FUNGSI ORGANISASI
    ·         Memenuhi Kebutuhan Pokok Organisasi . Yaitu untuk kelangsungan organisasi.
    ·         Mengembangkan Tugas dan Tanggungjawab. Organisasi hrs hidup sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh organisasi
    ·         Memproduksi Barang atau Jasa. Semua organisasi mempunyai produk masing-masing. Efektivitas proses produksi banyak tergantung pada ketepatan informasi
    ·         Mempengaruhi dan Dipengaruhi. Organisasi dapat mempengaruhi dan dapat juga dipengaruhi oleh orang.

    PENGERTIAN KOMUNIKASI ORGANISASI
    Redding dan Sanborn - “komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks”
    Persepsi Katz dan Kahn - “ komunikasi organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi dan pemindahan arti dalam suatu organisasi”
    Persepsi Zelko dan Dance - “komunikasi organisasi dalah suatu sistem yang saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal”
    Persepsi Thayer - “komunikasi organisasi sebagai arus data yang akan melayani komunikasi organisasi dan proses interkomunikasi”
    Persepsi Greenbaunm - “komunikasi organisasi termasuk arus komunikasi formal dan informal dalam organisasi”

    7 KUNCI KOMUNIKASI ORGANISASI
    PROSES. Suatu organisasi adalah suatu sistem terbuka yang dinamis yang menciptakan dan saling menukar pesan diantara anggotanya
    PESAN. Simbol yang penuh arti tentang orang, objek, kejadian yang dihasilkan oleh interaksi dengan orang lain. Klasifikasi pesan
    Bahasa : verbal dan non verbal
    Penerima : internal dan eksternal
    Pesan disebarluaskan : perangkat keras dan lunak
    Tujuan pengiriman dan penerimaan : tugas2 dlm organisasi, pemeliharaan organisasi dan kemanusiaan
    JARINGAN :
    Suatu jaringan komunikasi mungkin mencakup hanya dua orang, beberapa orang atau keseluruhan organisasi.
    Hakikat dan luas jaringan dipengaruhi hubungan peranan, arah dan arus pesan, hakikat seri dari arus pesan, dan isi dari pesan
    KEADAAN SALING TERGANTUNG
    Antara satu bagian dengan bagian yang lain dalam organisasi saling berpengaruh
    HUBUNGAN
    Hubungan manusia dalam organisasi yg memfokuskan kepda tingkah laku komunikasi dari orang yang terlibat dalam suatu hubungan.
    Hubungan mulai dari yg sederhana (dyadic communication) sampai hubungan yg kompleks.
    LINGKUNGAN
    Lingkungan adalah semua totalitas secara fisik dan faktor sosial yg diperhitungkan dalam pembuatan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem.
    Lingkungan dibedakan Internal dan Eksternal.
    KETIDAKPASTIAN
    Ketidakpastian adalah perbedaan informasi yang tersedia dengan informasi yang diharapkan.
    Untuk mengurangi ketidakpastian dengan menciptakan dan menukar pesan diantara anggota



    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

Comments

The Visitors says